Wednesday, March 23, 2016

Wisata kuliner di Banjarmasin

Kuliner di Kota Banjarmasin

  1. Nasi Kuning Masak Habang
Nasi kuning masak habang atau dalam bahasa Indonesia berarti masak merah sangat cocok untuk sarapan pagi. Banyak penjual nasi kuning ini di tepian jalan kalau pagi hari, akan tetapi menjelang siang, mereka akan menutup lapak dagangannya. Berbeda dengan yang jual nasi kuning di restoran atau warung makan.
Mereka akan menyediakannya dari pagi sampai malam tiba. Nasi kuning masak habang biasa dimakan bersama dengan aneka macam lauk yang lezat dan enak. Diantaranya adalah ayam, telur bebek, sampai dengan iwak haruan atau ikan gabus yang harganya lumayan tinggi di pasaran. Ikan gabus enak dimasak apa saja baik digoreng, pepes, bakar, dan lain-lain.
  1. Soto Banjar
Kuliner mantap Kota Banjarmasin selanjutnya adalah Soto Banjar. Ya, memang hampir semua daerah di Indonesia mempunyai kuliner soto dengan ciri masing-masing. Beberapa kuliner soto yang ada di Indonesia adalah Soto Betawi (pakai daun ubi), Soto Medan (dengan kuah santan kental dan gurih), Soto Sokaraja (disajikan bersama bumbu kacang yang dimasukkan ke kuah beningnya), dan masih banyak lagi.
Nah, kalau Soto Banjar biasa dimakan bersama lontong atau nasi putih dan yang membuat kuliner ini jadi unik adalah teman makan soto yang berupa sate. Benar, lho. Soto Banjar memang disajikan bersama dengan sate. Bagi yang penasaran dengan rasanya, silakan mencicipi ketika berkunjung ke Banjarmasin.
  1. Pakasam
Pakasam adalah makanan yang dilumuri atau dibalut dengan garam dan beras ketan sangrai. Kuliner Banjarmasin yang satu ini memang memiliki citarasa asin, akan tetapi tak seperti ikan asin yang rasa asinnya nendang banget. Kuliner berbahan dasar ikan gabus atau sepat kecil ini dapat diolah dengan asam jawa, cabe yang diiris, serta gula merah.
Kalau memilih mengolah pakasam dengan cara digoreng, anda harus berhati-hati karena minyak gorengnya dapat terus meletup atau meledak-ledak. Ini dikarenakan adanya beras ketan yang membalut pakasam.
  1. Lontong
Kuliner Lontong Banjar yang terkenal bernama Lontong Orari. Namanya unik, ya? Menurut ceritanya, sih, saat awal berdirinya, kedai lontong tersebut merupakan tempat ngumpul favorit para pecinta radio amatir. Lontong Banjar adalah kuliner yang biasa dinikmati untuk sarapan pagi. Biasanya hidangan yang satu ini disajikan berteman gangan nangka santan.

  1. Bingka
Kue dari Banjarmasin ini biasanya berbentuk menyerupai bunga. Rasanya legit, teksturnya lembut, jadi tak perlu repot untuk dikunyah kuenya akan hancur sendiri di mulut anda. Kudapan ini paling banyak dicari ketika bulan ramadhan tiba. Kue Bingka memiliki beraneka macam rasa yang tentunya tak akan membuat lidah bosan. Beberapa varian rasa kue bingka dari Banjarmasin ini antara lain adalah rasa tape ketan, kentang, dan telur.
  1. Gangan Asam Patin
Gangan asam patin atau sayur asam yang dimasak bersama campuran ikan patin ini rasanya mantap dan menjadi salah satu makanan favorit orang-orang Banjar. Hampir di semua tempat makan, mulai dari warung kaki lima sampai dengan restoran bintang lima hehe … semua menyediakan menu yang satu ini. Pokoknya kunjungan anda akan terasa kurang lengkap kalau belum mencicipi kuliner Banjarmasin yang satu ini. Rasanya segar dan lebih mantap disantap pakai sambal terasi.
  1. Amparan Tatak
Salah satu kue yang juga banyak dicari apalagi ketika bulan puasa/ramadhan adalah amparan tatak. Kue yang satu ini berbahan dasar tepung beras yang dicampur santan serta beberapa bahan tambahan yang lainnya. Kuliner ini memiliki citarasa yang manis dan gurih. Tambahan potongan pisang ke dalamnya semakin menambah nikmat kue amparan tatak.
  1. Ketupat Kandangan
Kuliner yang satu ini sebetulnya bukan merupakan makanan asli Banjarmasin, akan tetapi asalnya dari Kandangan, yang merupakan salah satu kota di Kalimantan Selatan. Kuliner yang satu ini biasa disajikan bersama kuah santan gurih yang telah dibumbui bermacam rempah-rempah. Kuah itu lalu disiramkan ke atas iwak haruan atau ikan gabus asap. Ketupat Kandangan agak berbeda dengan ketupat pada umumnya yang memiliki tekstur padat.
Ketupat Kandangan teksturnya agak lembek dan mudah pecah. Yang unik dari santapan Ketupat Kandangan adalah cara makannya yang tidak memakai sendok atau garpu melainkan dengan tangan. Menurut masyarakat, kalau menikmati Ketupat Kandangan memakai tangan rasanya akan lebih nikmat dan legit.
  1. Wadai Cincin
Ini adalah kue tradisional dari Banjarmasin. Kue ini memiliki lubang kecil-kecil jadi disebut dengan nama kue wadai cincin. Kudapan yang satu ini terbuat dari tepung beras dan gula merah. Memiliki citarasa yang manis dan bertekstur lembut. Akan tetapi kalau menggorengnya terlalu lama, kue wadai cincin ini rasanya akan kurang nikmat. Hal ini disebabkan oleh kue wadai cincin yang menjadi keras dan kering akibat lamanya proses penggorengan.
Itulah beberapa lokasi wisata menarik yang dapat anda kunjungi ketika berlibur di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Nah, selain terkenal dengan intan dan sungainya wisata kuliner kota ini pun termasuk kaya dan memiliki citarasa yang khas dan tentunya lezat. Selamat berwisata ke Kota Seribu Sungai!

Artikel Terkait

Wisata kuliner di Banjarmasin
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

Wisata Rombongan ke Jogja